Strategi Pemasaran Bakery Produk Roti Saat Pandemi

Strategi Pemasaran Bakery Produk Roti Di Kala Pandemi | Pelaku UKM di Indonesia tentu saja mengalami dampak yang cukup signifikan selama pandemi, apalagi terjadi Pembatasan Sosial Berskala Besar beberapa waktu lalu. Namun, dengan pemanfaatan internet dan strategi digital marketing yang tepat, seharusnya kendala pembatasan penjualan secara offline saat pandemi ini tentu bisa diatasi oleh Pelaku UKM Indonesia. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan internet dan strategi pemasaran bakery produk roti ketika pandemi? Berikut MakanMakan.com berikan tips praktis digital marketing yang bisa dilakukan.

#1 Buat Promosi Yang Menarik Saat Momen Penting

Kegiatan masyarakat Indonesia banyak dilakukan dari rumah saja selama PPKM berlangsung. Bahkan, kesempatan mudik dan berkumpul bersama keluarga di bulan Ramadan, hingga Lebaran terpaksa harus ditunda demi kesehatan dan keselamatan bersama. Maka dari itu, pemilik bisnis UKM harus melihat ini sebagai peluang dengan membuat promosi bakery yang bisa menyambung kultur silahturahmi masyarakat Indonesia dengan membuat paket parsel untuk keluarga dan orang terkasih. Bisa juga untuk momen Natal, Tahun Baru, Ulang Tahun.

#2 Fokus Ke Kelompok Target Konsumen Spesifik

Sebelum pandemi, tentu pemilik bisnis UKM sudah memiliki database konsumen yang pernah melakukan pembelian sebelumnya. Informasi tersebut bisa digunakan kembali oleh pemilik bisnis UKM untuk melakukan pengkategorian beberapa kelompok konsumen spesifik yang pernah melakukan pembelian atau berlangganan.

Dengan demikian, promo dan strategi pemasaran baru akan bisa disesuaikan kembali dengan kondisi pandemi sesuai kategori konsumen tersebut. Misalnya, diketahui kelompok usia konsumen sebelumnya berada di usia 25-35 tahun dengan pembelian lebih banyak untuk parsel. Maka, pemilik bisnis UKM bisa membuat varian produk ataupun promo khusus.

#3 Mulai Berinvestasi Ke Pengembangan Toko Virtual Di Portal Belanja Online

Menginvestasikan resources terhadap toko virtual dan sosial media merupakan suatu keharusan di masa digital seperti saat ini. Ibarat memiliki toko fisik secara offline, punya eksistensi di dunia digital juga seperti kita memiliki toko virtual secara digital dan cabang baru yang memperluas kehadiran bisnis bakery kita ke potensi calon konsumen yang lebih luas.

#4 Bangun Digital Branding Di Social Media

Ada banyak sekali platform media sosial yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik bisnis UKM untuk membangun digital branding. Mulai dari Instagram, TikTok, Youtube. Bahkan, WhatsApp bisa dimaksimalkan penggunaannya untuk mempromosikan promo terbaru bisnis bakery melalui story. Pahami juga bahwa sekarang adalah era visual, dimana foto yang berkualitas dan menggugah selera, terutama untuk bisnis food, termasuk bakery.

#5 Perbanyak Reviews Di Sosial Media & Google Maps

Di era digital, calon konsumen cenderung melakukan browsing terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukan pembelian. Banyaknya review dan testimonial positif dari pembeli dan pelanggan bakery anda bisa dijadikan salah satu strategi pemasaran produk roti yang mudah dilakukan, namun powerful untuk membuat orang akhirnya tertarik melakukan pembelian di toko bakery online anda. Bila sudah memiliki website, lengkapi dengan Google Maps agar calon pembeli bisa dengan mudah menemukan lokasi toko, serta melihat review bisnis bakery anda. Merasa gaptek untuk melakukan semuanya? Tenang, kontak saja rajakomen.com.

Dari kelima strategi pemasaran digital bisnis produk roti tersebut, mana yang sudah pernah diaplikasikan ke bisnis bakery anda? Share di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image